Retur pembelian adalah proses pengembalian barang atau jasa oleh perusahaan kepada pemasoknya karena cacat, kerusakan, atau kesalahan pengiriman. Hal ini dicatat dalam catatan akuntansi sebagai kredit pada akun pembelian dan debit pada akun persediaan atau kas, tergantung pada kebijakan perusahaan. Proses retur pembelian memungkinkan perusahaan untuk memperbaiki kesalahan atau cacat dalam pembelian, menjaga keseimbangan inventaris, dan memastikan integritas transaksi akuntansi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambah/membuat retur pembelian pada neraca.id.
Untuk membuat retur pembelian, akses halaman retur pembelian dengan mengklik "Pembelian" di menu atas halaman, lalu pilih opsi "Retur Pembelian".
Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama retur pembelian. Di sana, Anda akan menemukan tabel retur pembelian yang memuat informasi penting seperti tanggal, nomor referensi, pemasok, status, dan lainnya dari setiap retur pembelian.
Sebelum melakukan retur pembelian, Anda perlu membuat atau memiliki data faktur pembelian yang sudah Anda buat penerimaannya. Faktur pembelian tersebut diperlukan untuk proses retur pembelian.
Selanjutnya, untuk memulai pembuatan retur pembelian, cukup klik tombol "+" yang terletak di bagian kanan atas halaman.
Setelah selesai mengisi form, Anda dapat melanjutkan proses retur dengan mengklik tombol "Proses" yang terletak di bagian bawah kanan halaman.
Setelah itu, Anda akan diberikan informasi tambahan tentang retur pembelian yang akan Anda buat. Setelah memeriksanya, Anda dapat menyimpan retur pembelian dengan klik tombol "Simpan".
Selanjutnya, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa retur pembelian berhasil diproses. Anda dapat melanjutkan dengan mengklik tombol "Oke"
Selamat! Anda telah berhasil menyelesaikan proses pembuatan retur pembelian. Jika Anda membutuhkan bantuan tambahan atau mengalami kendala lainnya, jangan ragu untuk menghubungi pusat bantuan kami.